The Real Estate Encyclopedia
Baru Pertama Kali Menyewa Apartemen? Ikuti Aturan Ini
Category - Specialized Real Estate - Property Management
Saat ini hampir sebagian orang telah memilih untuk tinggal di apartemen demi bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak. Bukan hanya dari segi kelayakan tapi kelengkapan fasilitas, kenyamanan, keamanan dan berbagai pertimbangan lainnya sering digunakan untuk lebih memilih tinggal di apartemen. 

Seolah hal ini menjadi magnet bagi para turis dan berbagai orang baik dari luar daerah maupun dari dalam kota itu sendiri banyak akhirnya memutuskan untuk membeli ataupun bahkan menyewa apartemen. Tentu bagi orang yang baru pertama kali melakukan sewa apartemen di Jakarta akan sangat asing dan belum tahu berbagai banyak hal, namun apabila sudah terbiasa maka hal ini akan dianggap umum-umum saja. Bagi anda yang baru pertama kali melakukan sewa apartemen anda bisa mencoba mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Skala Prioritas
Sebelum memutuskan untuk melakukan sewa apartemen yang diinginkan ada baiknya anda memikirkan matang-matang terlebih dahulu apakah dengan melakukan sewa apartemen di perkotaan akan mempermudah urusan pekerjaan anda atau justru akan memberatkan. Jika anda tetap memutuskan untuk sewa apartemen di perkotaan maka harus dipertimbangkan juga skala prioritas pemilihan tipe apartemen. Misalkan anda hanya menempati apartemen tidak setiap hari alangkah baiknya memilih apartemen yang tidak memiliki fasilitas umum terlalu mewah. Hal ini berkaitan dengan biaya pemeliharaan bulanan yang tinggi. 

2. Menyusun Anggaran
Seperti judul artikel ini bagaimana cara sewa apartemen yang murah diperkotaan. Sebelum memutuskan untuk melakukan sewa apartemen yang diinginkan ada baiknya anda cek dulu anggaran atau budget yang akan digunakan untuk sewa apartemen di perkotaan. Anggaran ini berkaitan dengan skala prioritas tujuan anda sewa apartemen di perkotaan. Apakah tujuannya untuk tinggal setiap hari atau hanya untuk ketika ada urusan bisnis saja menempati.

Sewa apartemen yang murah di perkotaan khususnya jakarta tidak semudah yang dibayangkan. Apabila anda sudah menemukan tipe apartemen yang diinginkan sebaiknya tanya dahulu atau diperjelas masalah biaya. Karena ada beberapa apartemen yang menawarkan harga murah di awal namun untuk biaya pemeliharaan tiap bulan sangat tinggi. Jangan sampai tergiur dengan biaya sewa saja. Salah satu tips sewa apartemen yang perlu diperhatikan adalah perjelas biaya apa saja yang harus dikeluarkan selain biaya sewa apartemen. Setelah anda mengetahui kira-kira gambaran berapa kebutuhan total biaya sewa apartemen di perkotaan tersebut maka anda harus cek dengan budget yang ada dikantong anda. Jika dikiranya anggaran sudah sesuai dengan kantong maka lanjut ke tips sewa apartemen murah di perkotaan yang ke 3.


3. Cek lokasi Apartemen
Tips selanjutnya sebelum sewa apartemen murah di perkotaan adalah lokasi apartemen yang anda inginkan. Pertimbangan pertama memilih lokasi apartemen adalah pertama jarak antara apartemen dengan tempat anda bekerja. Karena akivitas terbesar anda adalah bekerja. kedua jaraka dengan tempat-tempat umum yang strategis seperti bandara, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pelabuhan, jalan tol, taman, tempat sekolah anak dan sebagainya. Pilihlah lokasi yang paling prioritas buat anda. Jangan sampai memilih lokasi yang justru bisa memberatkan anda dalam beraktivitas. Jika sudah dipilih lokasi apartemen maka lanjut ke tips sewa apartemen murah di perkotaan yang ke 4.

 
4. Cek Kondisi Internal Apartemen
Tips berikutnya sebelum sewa apartemen adalah survey langsung ke lokasi. Dengan survey lokasi maka anda bisa merasakan nyaman tidaknya tinggal disana. Yang paling terpenting adalah cek fungsional di dalam apartemen misalkan
Apakah air bersih benar-benar layak untuk digunakan sehari-hari
Apakah kran air semua berfungsi normal
Apakah saluran toilet, shower room atau saluran air kotor masih berfungsi normal
Apakah lampu, saklar, AC bisa berfungsi normal
Apakah di apartemen tersebut tersedia sistem pemadam kebakaran yang baik
Apakah tersedia tangga darurat atau jalur evakuasi bila terjadi bencana kebakaran atau gempa
Apakah luas ruangan sudah sesuai dengan kebutuhan anda
Jika anda mempunyai anggota keluarga yang banyak maka luas ruangan harus dipertimbangkan karena bagaimana pun juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan anda dan keluarga. Jika kondisi internal apartemen baik dan sesuai dengan kebutuhan anda maka selanjutnya adalah tips sewa apartemen ke 5. 
 

5. Cek Kondisi Lingkungan Apartemen
Faktor kenyamanan kedua setelah di dalam apartemen adalah lingkungan sekitar anda. Mungkin sekilas bisa melihat dan bertanya-tanya ke tetangga. Jika responnya baik berarti anda mempunyai lingkungan yang bersahabat. Kondisi lingkungan yang baik terdiri dari beberapa indikator yaitu :
Apakah tetangga anda sangat ramah dan terbuka atau malah tertutup. Tentu tiap orang menginginkan tetangga yang baik dan ramah
Apakah lingkungan apartemen anda jauh dari tingkat keramaian seperti pabrik. Saya yakin anda akan memilih lingkungan yang tenang dan jauh dari pencemaran. 
Apakah lingkungan anda termasuk dalam kawasan yang bersih atau kawasan yang kumuh. Anda bis berkeliling di sekitar apartemen
Apakah tingkat keamanan dari security bisa terjamin. Anda bisa memastikan dan bertanya kepada pengelola. 
Jika kondisi lingkungan sudah baik maka lanjut ke tips sewa apartemen murah di perkotaan selanjutnya. 

6. Negosiasi biaya sewa
Tips sewa apartemen selanjutnya adalah usaha negosiasi biaya sewa kepada pengelola. Sebaiknya anda coba untuk negosiasi tidak perlu gengsi. Usahakan cari kelemahannya untuk senjata nego agar biaya sewa bisa diturunkan. sebelum anda nego sebaiknya cari informasi di apartemen yang lain dulu sebagai pembanding harga. Jika nego sudah berhasil maka lanjut ke tips sewa apartemen murah ke 6.

7. Surat perjanjian sewa
Tips sebelum sewa apartemen yang paling penting adalah legalisasi. Di sini anda harus menggunakan surat kontrak atau perjanjian sewa apartemen dengan harga sesuai negosiasi. Di dalam surat kontrak harus tertera sistem pembayaran. Biasanya dari pengelola apartemen akan membuatkan surat kontrak. Sebelum anda tanda tangan sebaiknya baca pelan-pelan dahulu isi dari kontrak tersebut. cek kalimat yang mengandung dua makna atau tidak jelas. isi dari surat kontrak adalah. Jika memungkinkan anda bisa meminta bantuan kuasa hukum untuk membantu anda salah satunya adalah website ini http://www.lhp.co.id/ 
 
Category(s)
Specialized Real Estate - Property Management
[edit]
Home   |   About Us   |   Contact Us   |   Patrons   |   FAQ's   |   Site Map
© 2008 - All Rights Reserved.
Thank you for visiting Real Estate Wiki - the leading dictionary, directory, encyclopedia and glossary for the real estate and mortgage industries .