The Real Estate Encyclopedia
Langkah Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan
Category - Home Selling Questions - Agent, Offer & Commissions FAQ's
Pinjaman tanpa agunan merupakan sebuah pinjaman yang diberikan oleh pihak bank, pemberi pinjaman atau lembaga keuangan dalam bentuk lump sum. Anda dapat mendapatkan berbagai  jenis pinjaman secara tunai ini guna tujuan apapun sesuai keinginan Anda. Kredit tanpa jaminan dapat Anda lunasi dengan cara cicilan ataupun angsuran dengan bunga tertentu dalam periode yang sudah disepakati antara pemberi dan pemohon pinjaman.
Tingkat dari suku bunga kredit tanpa agunan (KTA) sendiri ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman berdasarkan berbagai macam faktor, termasuk pada jumlah pinjaman, durasi pinjaman, serta sejarah pinjaman atau kredit pinjaman yang Anda ajukan.

Jenis-Jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Pada dasarnya pinjaman tanpa jaminan  tidak memerlukan adanya jaminan untuk mendapatkan sebuah persetujuan. Oleh karena itu suku bunga pinjaman juga relatif lebih tinggi jika dibandingkan jenis pinjaman yang lainnya dengan jumlah pinjaman jauh lebih besar, misalnya seperti kredit kendaraan atau kredit perumahan. Dengan kata lain aset apapun tidak dibutuhkan dalam permohonan pinjaman tanpa agunan.
Terdapat dua jenis pinjaman tanpa jaminan yang bisa Anda dapatkan di tanah air, yaitu KTA bunga tetap (Fixed Rate) serta KTA bunga variabel (Variable-Rate). Dimana masing-masing dilengkapi kelebihan serta kekurangan tertentu:

1. KTA Bunga Tetap (Fixed-Rate)
Pinjaman tanpa jaminan bunga tetap mensyaratkan Anda untuk membayar jumlah secara tetap dalam angsuran bulanan pada seluruh durasi atau tenor pinjaman. Pinjaman KTA bunga tetap ini cenderung memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman tanpa jaminan bunga variabel. Akan tetapi keuntungannya yaitu Anda dapat terlindungi ketika suku bunga dasar pinjaman naik pada suatu ketika.

2. KTA Bunga Variabel (Variable-Rate)
Pinjaman tanpa jaminan dengan bunga variabel memiliki suku bunga yang terbilang fluktuatif, berdasarkan suku bunga dasar pinjaman atau indeks dasar yang dapat berubah sewaktu-waktu bergantung dari faktor ekonomi. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk jenis pinjaman ini karena Anda membayar lebih sedikit ketika angsuran bulanan jika suku bunga dasar mengalami penurunan.

Langkah pengajuan pinjaman tanpa jaminan
Sebelum mengajukan permohonan pinjaman tanpa agunan, maka Anda tentu harus terlebih dahulu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan aplikasi sebenarnya bervariasi tergantung pada bank penyedia, namun umumnya Anda akan diminta untuk menyerahkan dokumen berikut ini:
1. KTP atau paspor bagi WNA.
2. Bukti alamat atau tagihan utilitas.
3. NPWP.
4. Slip Gaji Terbaru.
5. Tagihan Kartu Kredit.
6. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bagi pemilik usaha.

Setelah Anda selesai menyiapkan dan memastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan aplikasi pinjaman tanpa agunan, silakan serahkan dokumen tersebut kepada pihak bank, pemberi pinjaman maupun lembaga keuangan yang Anda inginkan.
https://uangteman.com/blog/uang-pinjaman/tempat-meminjam-uang-tanpa-jaminan-dan-bunga/
 
Category(s)
Home Selling Questions - Agent, Offer & Commissions FAQ's
[edit]
Home   |   About Us   |   Contact Us   |   Patrons   |   FAQ's   |   Site Map
© 2008 - All Rights Reserved.
Thank you for visiting Real Estate Wiki - the leading dictionary, directory, encyclopedia and glossary for the real estate and mortgage industries .