The Real Estate Encyclopedia
Radiator Mobil dan Cara untuk Mengganti Cairan di Dalamnya
Category - Real Estate Social Media - Blogs City & Community
Radiator mobildalah sebuah komponen ataupun alat yang memiliki fungsi untuk memindahkan panas dari satu bagian ke bagian alat yang lainnya. Pada umumnya alat pemindah panas ini, banyak digunakan pada kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat. Namun demikian tak jarang radiator juga banyak digunakan pada mesin-mesin produksi yang banyak digunakan oleh sebuah perusahaan. Radiator pada kendaraan bermotor sendiri, terutama pada mobil, lebih umum kita temukan diletakkan pada bagian depan mobil, berdekatan dengan mesin, karena memang fungsinya banyak diperuntukkan dalam pendinginan mesin mobil itu sendiri. Secara umum radiator mobil sendiri bekerja dengan mekanisme penyerapan panas mesin, dengan menggunakan bantuan cairan atau yang biasa disebut dengan radiator coolant.
 
Cairan yang masuk kedalam mesin dan telah menerima panas, nantinya akan diserap kembali kedalam radiator, untuk kemudian didinginkan kembali. Proses pendinginan cairan dan radiator itu sendiri, terjadi akibat udara atau angin yang masuk kedalam radiator saat mobil melaju. Selain karena angin dari laju mobil, proses pendinginan dalam radiator pun juga dibantu oleh kinerja sebuah kipas, yang biasanya terletak pada bagian belakang radiator dalam mesin mobil.
 
Pada sebuah radiator juga terdapat tutup radiator yang terletak pada bagian atas mesin radiator, tutup ini memiliki fungsi untuk mencegah cairan pendingin atau radiator coolant mendidih, pada saat melakukan pendinginan pada mesin mobil yang sedang digunakan dan bersuhu tinggi. Selain memiliki fungsi mencegah mendidihnya cairan, katup pada radiator ini juga memiliki fungsi sebagai katup batas yang mengalirkan air ke dalam reservoir tank, pada saat mesin mobil berada dalam suhu yang tinggi. Untuk dapat menjaga performa radiator, pada umumnya seorang pemilik mobil akan selalu melakukan pengecekan berkala pada cairan atau radiator coolant melalui katup atau tutup radiator ini.
 
Cairan pada radiator mobil itu sendiri, akan memerlukan penggantian setiap kali para pengguna mobil, telah mencapai jarak pemakaian sekitar 20.000 km atau jika cairan telah berwarna keruh. Untuk dapat mengganti cairan radiator tersebut, para pemilik mobil dapat melakukannya sendiri, tanpa harus menunggu bantuan dari tenaga bengkel. Adapun cara untuk mengganti cairan radiator dalam mobil, antara lain adalah:
 
Buka penutup radiator yang biasanya terletak pada bagian atas radiator, serta tutup pembuangan radiator, dan biarkan cairan yang ada didalamnya terbuang semua terlebih dahulu. Untuk melakukan langkah ini, pastikan bahwa mesin mobil baru Anda dalam posisi dingin agar tidak mencederai Anda., namun dengan kondisi mesin yang menyala, agar air yang terdapat dalam radiator dapat terbuang semua.
Setelah air radiator terbuang semua, tutup kembali pembuangan radiator, dan matikan mesin mobil. Bukalah baut pembuangan angin, dan isikan air bersih atau radiator coolant, hingga cairan meluap pada lubang angin.
Tutup lubang angin, dan nyalakan kembali mesin mobil, hingga kipas radiator menyala dan speedometer pada mobil menunjukkan posisi jarum ditengah.
Jika cairan radiator dirasa kurang, Anda dapat menambahkannya pada batas maksimal, dan kemudian tutup kembali bagian penutup atas radiator.
 
Sampai pada batas tersebut, pengisian cairan radiator mobil yang telah Anda lakukan sendiri telah selesai dengan baik. Untuk dapat memperoleh cairan radiator atau yang biasa disebut dengan radiator coolant ini, Anda dapat memperolehnya secara langsung ataupun online, diberbagai toko online terpercaya yang khusus menyediakan berbagai produk otomotif didalamnya. Selain cairan radiator berbagai perlengkapan otomotif terkait dengan spare part ataupun aksesoris mobil, biasanya juga disediakan oleh situs jual beli online terpercaya yang ada.
 
Category(s)
Real Estate Social Media - Blogs City & Community
[edit]
Home   |   About Us   |   Contact Us   |   Patrons   |   FAQ's   |   Site Map
© 2008 - All Rights Reserved.
Thank you for visiting Real Estate Wiki - the leading dictionary, directory, encyclopedia and glossary for the real estate and mortgage industries .