The Real Estate Encyclopedia
Sistem Deteksi Dini dan Respons Cepat Kebakaran Ala Grup APRIL
Category - Real Estate Social Media - Blogs Real Estate Agents
Kebakaran merupakan suatu bencana yang diakibatkan bisa dari alam dan juga bisa sengaja dibuat oleh manusia. Dalam tahun belakangan ini, sering kita dengar berbagai berita mengenai kebakaran hutan. Tidak hanya di luar negeri, pun di Indonesia. Hal pertama yang sering didengar adalah karena ulah manusia.

Hal itupun berlaku bagi APRIL Grup, yang merupakan anak dari perusahaan bapak Sukanto Tanoto. Karena bagi APRIL Grup kebakaran merupakan ancaman terbesar bagi hutan tanaman mereka. Mengapa demikian? Tanaman-tanaman merupakan aset utama bagi APRIL Grup. Kebakaran dapat merusak hutan, mengurangi nilai dan produktivitas aset ini, dan serta menciptakan kabut asap. Dari kabut asapnya sendiri sangatlah merugikan bagi masyarakat sekitar. Di sisi lain, kebakaran liar juga dapat memiliki dampak lingkungan yang signifikan, yaitu: mengurangi nutrisi tanah, mempengaruhi kualitas air dan meningkatkan erosi tanah. Bagi mereka, tidak ada ruginya untuk membakar hutan. Malah akan sebaliknya. Oleh karena itu, APRIL Grup menerapkan kebijakan tidak ada toleransi terhadap pembakaran hutan (zero tolerance).

Pengelola resiko kebakaran yang baik adalah dengan pencegahan kebakaran yang dimulai dari sekarang. APRIL Grup melibatkan tingkat desa yang merupakan bagian penting dalam meminimalis resiko yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan. APRIL Grup bekerja sama dengan pemerintah dalam berbagai upaya pencegahan berbasis pendidikan masyarakat demi untuk memastikan bahwa kebakaran tidak akan dimulai lagi di dalam konsesi mereka dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan dicegahnya kebakaran.

Dalam hal ini, APRIL Grup telah yakin dalam memilih menjadi bagian dari solusi untuk kebakaran hutan dan telah berinvestasi secara signifikan dalam pencegahan kebakaran dan penanggulangan kebakaran di tingkat operasional dan masyarakat. Hal ini terdiri atas: program-program edukasi, bekerja dengan masyarakat lokal, pelatihan dan alokasi sumber daya tim pemadaman kebakaran desa, papan petunjuk hutan dan desa, peningkatan kesadaran masyarakat tentang resiko atau bahaya dari teknik memotong dan juga membakar, serta program keterlibatan masyarakat berbasis insentif.

Pada tahun 2014, APRIL Grup memperkenalkan suatu program insentif kepada desa di Sering, Pulau Muda, Teluk Meranti, dan juga Teluk Binjai. Dalam hal ini, APRIL Grup mengadopsi kebijakan untuk tidak membakar dan mencegah kebakaran lahan atau hutan dalam area mereka. APRIL Grup memberikan sebuah insentif tersebut kepada desa-desa yang berhasil mencegah kebakaran hutan  dan lahan selama tiga bulan berturut-turut. Di sisi lain juga tersedia bantuan pendampingan yang diberikan kepada desa-desa yang mencegah kebakaran atau berhasil memadamkan kebakaran kurang dari 24 jam di area kebakaran kurang dari satu hektar. Beberapa hal tersebut adalah merupakan sistem deteksi dini dan respon cepat kebakaran ala APRIL Grup.
 
Category(s)
Real Estate Social Media - Blogs Real Estate Agents
[edit]
Home   |   About Us   |   Contact Us   |   Patrons   |   FAQ's   |   Site Map
© 2008 - All Rights Reserved.
Thank you for visiting Real Estate Wiki - the leading dictionary, directory, encyclopedia and glossary for the real estate and mortgage industries .